PENERAPAN METODE ARAS DALAM PEMILIHAN LOKASI OBJEK WISATA YANG TERBAIK PADA KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Eferoni Ndruru STMIK Budi Darma Medan
  • Eviyanti Novita Purba Universitas Methodist Indonesia

Abstract

Keindahan suatu objek wisata merupakan salah satu tujuan utama para wisatawan dalam menghabiskan liburan mereka dan selain keindahan masih banyak lagi yang membuat para wisatawa tertarik. Objek wisatawa yang semakin banyak dan keindahan yang berbeda-beda, serta perlengkapan yang lengkap, sehingga para wisatawan merasa sulit untuk menentkan objek wisata yang terbaik berdarkan kelengkapan fasilitas dan keindahan wisata yang akan mereka kunjungin. Selama ini banyak pendatang baru atau para wisatawan yang merasa kesal dalam mengujungi berbagai objek wisata khususnya dikabupaten nias selatan yang disebabkan belum mengetahui keindahan objek wisata tersebut.

Dari permasalahan tersebut diperlukan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu para wisatawan dalam menentukan objek wisata yang terbaik sehingga mereka tidak sia-sia dalam mengujinginya.Dalam penyelesaian sistem pendukung keputusan tersebut diperlukan metode dalam menguji data kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode Additive Ratio Assessment (ARAS) merupakan metode pengambilan keputusan dalam perangkingan kriteria yang menggunakan prinsip bahwa alternatif yang terpilih harus mempunyai jarak terdekat dengan solusi ideal positif dan jarak terjauh dengan solusi ideal negatif dengan melakukan pembobotan setiap kriteria.

Hasil yang akan didapat dalam penelitian ini adalah hasil perangkingan jenis objek wisata yang paling tertinggi yang di dapat dalam perhitungan metode Aras. Sehingga dari nilai perangkingan dapat memberikan informasi objek mana saja yang akan mendekati objek wisata yang terbaik. Dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograma microsoft visual basic net 2008.

Published
2019-10-27